Facebook Twitter RSS
banner

Apa itu ABS? Masuk sini gan

Welcome to my thread



ABS dahulu digunakan pada mobil mobil mewah sekelas Mercedes-Benz dan BMW. namun kini mobil mobil dengan harga terjangkau mulai menggunakan ABS sebagai standar seperti Suzuki Ignis, namun masih banyak juga yang memasukan fitur ABS hanya sebagai pilihan pada tipe teratas, padahal ABS bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Mengingat tugasnya yang begitu penting pada mobil, ada baiknya agan- agan perlu memahami apa itu ABS.

Pengertian ABS
Sistem ABS adalah sistem pengereman yang berada dalam sistem pengereman mobil atau motor yang berguna untuk menghentikan sistem penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak atau tiba-tiba.

ABS adalah kepanjangan dari anti-lock backing sistem ini sekarang lebih banyak dikenal dengan sistem ABS. Bahkan kini, banyak dari perusahaan sepeda motor banyak yang sudah mulai banyak menggunakan sistem ABS ini.
Setelah mengetahui apa maksud dari sistem ABS, berikut mengenai sistem kerja rem ABS yang selanjutnya.
Sistem Kerja ABS dalam medan yang licin

Sistem ini sebenarnya adalah hasil adaptasi dari sistem pengeraman yang dilakukan oleh pesawat terbang. Sistem kerja rem ABS akan bekerja bila terjadi sistem pengereman yang mendadak atau yang keras pada mobil atau motor.

Sistem kerja rem ABS bisa anda andalkan bila anda berada dalam medan yang licin atau pada saat hujan. Ketika anda terjebak pada kondisi ini, tentu anda akan merasa sulit ketika anda akan melakukan pengereman. Bahkan terkadang kendaraan anda tetap melaju ketika anda sudah melakukan pengereman.

Hal ini bisa sangat membahayakan karena mobil tetap melaju dan roda sudah berhenti. Ini akan sangat tidak stabil dalam keadaan tersebut. Dan Sistem kerja rem ABS inilah yang bisa anda lakukan. Karena sistem ini membantu mengendalikan mobil anda dalam melakukan pengereman.




Sistem kerja rem ABS ini bahkan sudah lama digunakan oleh para pembalap. Karena pembalap biasanya berada dalam keadaan performa yang tinggi, menstabilkan keadaan kendaraan merupakan hal yang tidak mudah. Dengan bantuan sistem ABS ini lah yang memudahkan dan menstabilkan keadaan kendaraan anda.

Sistem kerja rem ABS sendiri memiliki empat komponen yang saling terkait. Selain sebagai andalan pada sistem pengereman.

1. Sensor kecepatan
Sistem kerja rem ABS yang pertama adalah sensor kecepatan. Sistem ini berguna dalam membaca kecepatan putaran roda. Sistem ABS ini biasanya dipasang dalam setiap roda atau diferensial. Ini tergantung dari masing-masing keluaran pabrik.

2. Katup pengereman
Katup pengereman ini biasanya dikendalikan oleh komputer atau yang biasa disebut sistem komputerisasi. Katup ini dibagi menjadi tiga bagian.

Katup posisi satu: dalam posisi ini katup dalam keadaan terbuka penuh. Sehingga tekanan minyak rem dalam keadaan penuh, dan langsung diteruskan ke bagian rem.
Katup posisi dua: dalam posisi ini, katup ini akan menutupi tekanan rem sehingga tidak akan diteruskan ke dalam rem walaupun pengemudi menginjak pedal rem.
Katup posisi tiga: dalam posisi ini, katup akan menghalangi sebagian tekanan rem, sehingga setengah saja yang diteruskan ke minyak rem, hal ini menyebabkan rem tekanan rem tetap setengah meskipun pengemudi menginjak rem secara penuh.

3. Pompa
Fungsi dari pompa disini adalah mengembalikan tekanan pada rem yang dilepaskan oleh katup rem.

4. Kontroler
Fungsi dari kontroler adalah sebagai otak yang mengendalikan aktifitas katup dan mengontrol sensor kecepatan.


mengingat banyaknya komponen dan fungsi dari ABS yang begitu penting, mulai besok beli mobil atau motor yang sudah ada ABS ya!
:peace:

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts