Facebook Twitter RSS
banner

First Drive Wuling Alvez: SUV yang Lincah!



Kehadiran Wuling Alvez di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 membuat pasar SUV bergejolak. Pasalnya, Alvez diplot dengan harga mulai dari Rp 200 jutaan, namun hadir dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi ketimbang banderolnya.

Posisi Berkendara Tinggi

Hal pertama yang langsung kami uji ketika menjajal mobil ini adalah dari posisi berkendaranya. Yap! Khas SUV, Alvez hadir dengan posisi duduk yang cukup tinggi namun tetap terasa menyatu dengan mobilnya.

Karakter khas mobil SUV crossover yang berangkat dari platform monokok terasa kental di Alvez. Meski posisi setir tidak dapat diatur maju-mundur dan hanya bisa diatur naik-turun, nyatanya tester detikOto yang punya tinggi 175 cm masih dapat merasakan posisi menyetir yang nyaman dengan setelan tinggi jok di tengah.

Visibilitas mobil ini pun terasa cukup baik. Pandangan ke kaca depan terasa sangat jelas berkat model pilar A yang tidak terlalu besar. Selain itu, pandangan ke samping pun tak ada masalah sebab model window line yang rendah dan kaca didesain lebar.

Namun pandangan ke belakang terasa tak seleluasa di depan atau samping. Model kaca belakang yang minimalis serta didesain tidak terlalu tegak, membuat visibilitasnya menjadi sedikit terganggu. Apalagi jika ada penumpang dewasa yang duduk di baris kedua.



Suspensi Kaku, Bikin Pengendalian Seru!

Beruntung bagi pengunjung, arena test drive yang disiapkan oleh IIMS 2023 hadir dengan sejumlah obstacle ramp, speed trap, hingga belokan yang dapat digunakan untuk menguji pengendalian hingga bantingan mobil.

Wuling Alvez yang kami tes, diisi tiga orang dewasa, dan bantingan suspensi yang terasa ternyata cukup kaku di bagian sok belakangnya. Rasanya Wuling memplot setelan sok ini lebih medium-keras agar siap dibawa penumpang penuh serta barang yang banyak.

Hadirnya karakter sok seperti ini memang membuat kabin sedikit terguncang saat melahap speed trap di kecepatan tinggi. Namun ketika dibawa pelan, kita dapat merasakan artikulasi soknya yang punya jarak main panjang. Tentu ini poin positif mengingat mobil ini adalah sebuah SUV dan bukan tidak mungkin dibawa ke medan yang tak melulu aspal.

Suspensi kaku ini nyatanya bikin pengendalian Wuling Alvez menjadi seru. Sesekali kami bawa mobil ini untuk zig-zag, terasa bantingannya terasa meyakinkan. Tidak ada body roll yang terasa terlalu berlebihan dan menakutkan.

Dimensi jarak sumbu roda yang pendek pun membuat Wuling Alvez menjadi lincah. Melahap jalan sempit, menikung tak jadi masalah.

Oh iya! Hal yang juga sedikit mengganggu bagi kami adalah setirnya yang kurang berbobot dan terasa hampa. Bagi kami, seharusnya SUV bisa hadir dengan karakter setir yang lebih berisi serta memberikan feedback permukaan jalan yang baik ke tangan pengemudi. Namun semoga mobil tes ini adalah versi prototipe dan akan lebih sempurna saat diproduksi massal.



Mesin Bertenaga, Transmisi Selalu Siap Bekerja!

Alvez menggunakan mesin 1.458 cc 4-silinder segaris DVVT khas Wuling. Yes! Mesin ini adalah mesin yang sama dengan kepunyaan Confero S.

Wuling mengklaim memberikan sedikit ubahan setting terhadap mesin 1.5 L mereka. Untuk Alvez, tenaga maksimalnya bisa tembus 105 HP di 5.800 RPM dan torsi 143 Nm di rentang 4.000-4.600 RPM.

Jika diadu dengan mesin naturally aspirated atau non-turbo milik Honda HR-V dan Creta, memang output tenaga dari Alvez ini jadi yang paling rendah. Namun untuk urusan torsi, Alvez masih bisa bersuara.

Hadirnya transmisi CVT yang cekatan khas Wuling membuat penyaluran tenaga dari mesin ke dua roda depannya terasa cukup baik. Meski karakternya tak seagresif CVT racikan Honda, nyatanya Wuling Alvez ini tetap asyik dibawa stop-n-go.

Kesimpulan dan Harga Wuling Alvez
Dari pengetesan singkat dan pertama kali ini, Wuling Alvez layak diberikan nilai yang baik. Mobil ini hadir dengan value for money yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan rival-rivalnya seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Apalagi, Alvez ternyata memiliki rasa berkendara yang baik serta pengendalian yang jempolan. Oh iya, jangan lupakan fiturnya yang sangat lengkap di tipe termahalnya.

Wuling membanderol Alvez ini dengan harga mulai dari Rp 209 juta di tipe SE manual, Rp 255 juta di tipe CE CVT, dan tipe termahalnya alias EX CVT dibanderol Rp 295 juta. Menarik, bukan?

Sumber : https://oto.detik.com/ototest-mobil/...uv-yang-lincah

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts