Facebook Twitter RSS
banner

Pajero Sport Dakar VGT upgrade audio standard

Dear all modcomers,

Kali ini saya akan sharing sekaligus mohon advis mengenai audio standard bawaan Mitsubishi Pajero Dakar VGT tahun 2014 yang pada panel dasboardnya sudah bertuliskan "Mitsubishi Power Sound System" seperti ini :



Pertama kali mencoba dan mendengan suara nya terus terang saya memberi nilai 6,5 pada kualitas suara (tidak terlalu mengecewakan tapi tetap terasa ada yang kurang) dan memberi nilai 9 untuk fiture multimedia yang lengkap termasuk GPS built in dan rear camera. (rentang nilai 1 untuk buruk dan 10 untuk sempurna). Kuping saya memang sudah terbiasa dengan pajero saya sebelumnya yang tahun tua tapi sudah ganti audio pioneer plus power 4 channel incl monoblock untuk subwoofernya).

Kualitas suara standard Misubishi Power Sound System ini sebenarnya sudah cukup lumayan, terasa dentuman bass dari power standard yang terletak di bawah jok pengemudi seperti ini :





Frekwensi tinggi yang menurut saya kurang sehingga karena fitur sudah sangat mencukupi saya sayang untuk mengganti 1 set seperti pajero lama saya. Saya ingin tampilan standard tapi dengan kualitas suara yang meningkat.

Hasil browsing dan tanya sana sini pilihan jatuh pada mengganti twiter standard dengan speaker Cello fit all range yang sudah menyatu dengan segitiga pilar. Saya beli online dan pasang ! Penggantian speaker ini cukup membawa perubahaan meski tidak signifikan, beberapa suara halus muncul .. suara focal juga lebih terasa keluar namun suara tinggi tweter masih saya rasakan sangat kurang. Nilai berubah jadi 7 lah untuk kwalitas suara.

Penasaran dengan nada tinggi saya tambahkan saja Twiter yang saya sambungkan begitu saja tanpa kondensor / pemisah suara ke kabel twiter (dibuat cabang) dan saya tempel jadi seperti ini.





Lalu bagaimana dengan kualitas suara ????
Jujur saya takjub juga dengan hasilnya, semua flashdisk untuk test dari berbagai genre musik yang saya dapat dari toko audio saya coba. Suara Twiter keluar, focal oke dan dentuman bass dari standard sudah mencukupi (bahkan terasa seperti pakai subwoofer). Kontan nilai saya naikkan jadi 8,5 untuk kualitas suara. Saya yakin kalau saya pakai twiter dengan kualitas yang lebih bagus pasti hasilnya nilai saya bisa naik lagi, tapi belum saya coba.

Ohya perlu seting audio pada HU Standard seperti ini :



Ada pertanyaan saya :
1. Bagaimana ya kalau ditambah subwoofer aktive praktis misalnya merk perlees atau cello yang dibandrol dengan harga 2 sampai 3,5 juta itu. Di iklan bilang menaikkan kualitas suara dengan cara praktis. (Sambungnya kemana ya karena power bawaan saya lihat tidak ada RCA port - mungkin harus di jumper atau kupas kabel setelah dicari).
2. Saya menemukan di laci kiri kursi supir ada port RCA merah hitam (tersembunyi) bertuliskan AUX. Hmmm padahal di Head unit sudah ada port USB dan port aux kecil (colokan earphone) untuk memasukkan suara ke HU dan oke punya. Untuk apa lagi port RCA Aux di laci itu ya ? belum saya coba.

Ok, segini dulu sharing saya, mohon masukan dari para teman sehobby. Thankyouuuuu.....

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts