Facebook Twitter RSS
banner

Ini Jaguar E-Type 1963 Termahal Yang Pernah Terjual Di Pelelangan

Baik penggemar mobil dan non penggemar mungkin sama-sama tahu bahwa salah satu mobil klasik elegan yang pernah diproduksi adalah Jaguar E-Type. Mungkin itu emblemnya atau mungkin karena kap mesinnya yang panjang, tetapi tidak ada menyangkal E-Type memiliki sesuatu yang spesial. Semua orang menginginkan mobil tersebut, bahkan jika mereka harus merogoh kocek sebesar 7.37 juta USD untuk menebusnya.





Setelah Ecurie Ecosse D-Type mencatat rekor untuk mobil Inggris yang paling mahal yang pernah dijual di pelelangan (21.7 juta USD), mobil balap Inggris lainnya mengikuti jejak yang sama. Sebuah E-Type dengan chassis no. S 850.667 baru-baru ini terjual senilai 7.37 juta USD oleh Bonhams pada Scottsdale Auction 2017, yang membuatnya menjadi Jaguar E-Type paling mahal yang pernah ada.

Tidak seperti model Series 1 bermesin 3.8L dan 4.2L, mobil yang ada di sini adalah model Lightweight Competition dengan sejarah balap. Hanya 12 unit E-Type seperti ini yang pernah dibangun, yang satu ini hanya mempunyai tiga pemilik dari baru. Tidak pernah dibongkar atau dibangun kembali, hal terbesar yang bisa dibanggakan oleh chassis no S 850667 adalah bahwa Bob Jane memenangkan Australian GT Championship 1963 dengan mobil ini.

Dibandingkan dengan E-Type reguler, yang Lightweight Competition lebih ringan sekitar 113 Kg. Diet ini datang dari penggunaan aluminium yang banyak, serta kabin tanpa embel-embel apapun. Di bawah kap, mesin XK6 3.8 liter memiliki gas-flowed cylinder head, trumpet tips untuk S.U. karburator, dan banyak modifikasi untuk membuatnya lebih cepat. Lucas fuel injection dan dry-sump lubrication memperkuat kredensial sport mobil balap ol'skool ini.

Sewaktu masih gress, mesin aluminium inline-6 3.8 liter DOHC ​​dapat memproduksi 293 Hp pada 5.750 rpm. Maka tidak heran, jika perpaduan ini memungkinkan Bob Jane membawa E-Type-nya ke podium paling atas pada tahun 1963. Pada akhir tahun 1980, driver mobil balap Australia tersebut menawarkan mobil kebanggaannya di sebuah pelelangan. Bob Jane kemudian berkomentar bahwa menjual E-Type no S 850667 ini adalah penyesalan terbesar dalam hidupnya. (autoevolution 30/1/2017)



SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts