Facebook Twitter RSS
banner

Tak Terpengaruh Coronavirus, FCA & PSA Akan Tetap Lakukan Merger

Fiat Chrysler Automobiles dan PSA Peugot Citroen dari Prancis berusaha untuk melakukan merger sesuai dengan jadwal, terlepas dari komplikasi apa pun yang ditimbulkan oleh wabah Coronavirus.





Yang menjadi masalah adalah kapitalisasi pasar masing-masing, yang keduanya telah mendapat pukulan besar karena virus tersebut telah membuat produksi otomotif terhenti, dan menghambat penjualan karena orang-orang didesak untuk tetap di rumah. Kedua produsen mobil global itu awalnya melihat merger ini sebagai gabungan dari perusahaan yang selevel, tetapi karena penurunan harga saham berdampak pada penilaian kedua perusahaan, ketentuan kesepakatan mungkin perlu diubah.

Satu detail yang kemungkinan besar akan berubah adalah pembayaran dividen yang akan diterima pemegang saham FCA setelah merger, yang ditetapkan pada bulan Desember lalu ketika FCA dan PSA pertama kali menandatangani nota kesepahaman mereka. Perusahaan mobil Italia-Amerika telah setuju untuk membayar total 5.5 miliar Euro - sekitar 6.1 miliar USD - kepada para pemegang saham. Sementara itu, PSA telah setuju untuk mendistribusikan 46 persen sahamnya di pemasok otomotif Prancis Faurecia kepada para pemegang sahamnya.

Tapi perlambatan ekonomi karena COVID-19 tidak mempengaruhi semua pihak secara merata, dan di mana FCA memiliki kapitalisasi pasar yang sedikit lebih tinggi daripada PSA sebelum pandemi global tersebut, mereka sekarang lebih tidak berharga daripada mitranya dari Perancis. Sementara itu, membenarkan pembayaran dividen multi-miliar dolar kepada pemegang saham tampaknya berisiko tinggi mengingat lingkungan ekonomi global saat ini, dan Faurecia saat ini kurang berharga dibandingkan sebelum virus menyerang.

Dalam sebuah pernyataan, PSA mengatakan bahwa "tidak pantas berspekulasi tentang modifikasi kondisi kesepakatan" dalam konteks pandemi, menambahkan bahwa perusahaan "mengambil keputusan yang diperlukan untuk memastikan keberlanjutan kelompok. Lebih dari sebelumnya, merger ini masuk akal."

Mereka mungkin benar tentang itu. Penggabungan dengan FCA, yang akan menciptakan pembuat mobil terbesar keempat di dunia berdasarkan volume total, akan menguntungkan kedua pabrikan dengan memungkinkan pembagian part, platform, teknologi, dan biaya pengembangan yang lebih besar. (carbuzz 27/3/2020)



SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts