Facebook Twitter RSS
banner

The Bolide, Mobil Paling Gila Yang Pernah Dibuat Bugatti

Tahun lalu, Bugatti membuat sejarah ketika menjadi pabrikan pertama yang memecahkan kecepatan 300 Mph (482 Km/h) menggunakan Chiron Super Sport 300+, meskipun rekor kecepatan ini telah dikalahkan oleh SSC Tuatara.





Tetapi bagaimana jika Bugatti menggunakan keahlian tekniknya untuk membangun monster balap yang luar biasa dan ringan? Jawabannya adalah Bugatti Bolide, dan itu benar-benar gila.

Digambarkan sebagai "studi eksperimental," Bugatti Bolide adalah "konsep kendaraan paling ekstrim, tanpa kompromi, tercepat dan teringan dalam sejarah Bugatti baru-baru ini."

Seperti Chiron, Bolide didukung oleh mesin W16 8.0 liter quad-turbo khas Bugatti. Jika di Chiron mesin ini memiliki 1.500 Hp, Bolide menghasilkan 1.824 Hp dan torsi 1.364 lb-ft dengan bahan bakar beroktan 110.

Karena Bolide dirancang untuk melahap sirkuit, drivetrain telah dioptimalkan untuk menangani kecepatan mesin yang lebih tinggi. Misalnya, sistem intake dan knalpot dibuat ulang untuk "mencapai karakteristik respon yang lebih cepat, lebih spontan, dan ekstrim."

Keempat turbocharger juga didesain ulang dengan bilah yang dioptimalkan untuk meningkatkan boost pressure pada kecepatan mesin yang lebih tinggi, dan jalur oli, tekanan oli, check valve, sekat, tangki oli, reservoir oli, dan desain pompa dari pelumasan dry sump telah dioptimalkan. Alih-alih pendinginan air-ke-udara, Bugatti Bolide memiliki pendingin udara-ke-udara dengan pra-pendingin air.

Bugatti telah berusaha keras untuk membuat Bolide seringan mungkin. Semua baut dan pengencang terbuat dari titanium, sedangkan komponen fungsional terbuat dari aerospace titanium alloy 3D-printed dan ketebalannya hanya 0.01 inch, namun tetap sangat kuat. Sayap depan memiliki berat hanya 1.3 kilogram, sedangkan sayap belakang hanya memiliki berat 0.7 kilogram.

Pertama di dunia, intake scoop memiliki kulit luar yang dapat berubah bentuk untuk mengoptimalkan aliran udara. Saat Bolide digerakkan dengan kecepatan lambat, permukaan scoop tetap mulus. Pada kecepatan yang lebih tinggi, gelembung akan keluar, mengurangi hambatan aerodinamis dari scoop sebesar 10 persen sekaligus mengurangi gaya angkat sebesar 17 persen dan meningkatkan aliran udara ke sayap belakang.

Berdasarkan simulasi, akselerasi 0-100 Km/h hanya membutuhkan waktu 2.17 detik, sedangkan 0-200 Km/h dicapai dalam 4.36 detik. Dari posisi diam, Bolide akan mencapai 300 Km/h dalam 7.37 detik, 400 Km/h dalam 12.08 detik, dan 498 Km/h dalam 20 detik. Top speednya sendiri "jauh di atas" 498 Km/h. Menurut simulasi Bugatti, Bolide dapat melaju di sirkuit Le Mans dalam 3:07.1 menit dan menyelesaikan Nurburgring Nordschleife dalam 5:23.1 menit.

Rem balap dengan cakram dan lapisan keramik memberikan daya henti yang optimal, memungkinkan Bolide melaju dari 0-400-0 Km/h dalam 24.64 detik dan 0-498-0 Km/h dalam 33.62 detik.

Seperti mobil balap LMP1, driver mengakses kokpit dengan melipat pintu yang digantung di depan secara miring dan menempatkan kaki di bagian dalam. Ini juga sepenuhnya mematuhi peraturan keselamatan FIA, dengan peralatan keselamatan termasuk sistem pemadam kebakaran, tow hook, pengisian bahan bakar bertekanan dengan fuel bladder tank, velg center lock, kaca polikarbonat ringan, dan seatbelt 6 titik.

Berbicara tentang mobil baru ini, Stephan Winkelmann, Presiden Bugatti berkata: "Kami bertanya pada diri sendiri bagaimana kami dapat mewujudkan mesin W16 yang perkasa sebagai simbol teknis kami dalam bentuknya yang paling murni - hanya dengan empat roda, mesin, transmisi, setir dan , sebagai satu-satunya kemewahan, 2 buah kursi. Aspek penting dari pertimbangan kami adalah menyempurnakan powertrain ikonik kami tanpa batasan dalam hal power-to-weight ratio. Pertimbangan ini menghasilkan Bugatti Bolide. Eksperimen tanpa kompromi, ras murni, sebuah Pur Sang yang, dalam eksklusivitasnya yang luar biasa, sangat mengesankan dengan performa tinggi, bobot rendah, dan pengalaman berkendara dalam dimensi yang benar-benar baru. Mengendarai Bolide seperti mengendarai bola meriam." (carbuzz 30/10/2020)







SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts