Facebook Twitter RSS
banner

Berapakah Berat Badan Ideal Untuk Anak?


Hai hai buibu-pakbapak,
penghuni forum modifikasi yang uda punya bocah kecil dirumaaahh~

Sudah tau belum berapa berat badan ideal untuk anak yang sebenarnya? Nah, sekarang kita ngomongin berat badan anak, Yuk!

Anak yang gemuk dan montok memang terlihat menggemaskan ya! Apalagi bagian pipi, paha dan lengannya. Anak saya dulu juga begitu. Makanya, banyak keluarga lainnya yang suka gemas melihat tingkahnya. Awalnya sih senang, tapi lama-lama kok jadi khawatir saat tahu kalo gak semua anak yang gemuk itu sehat. Ada kalanya, kegemukan bisa berujung pada obesitas nantinya.

Saya jadi belajar buat nghitung berat badan ideal si Krucils, sebelumnya saya juga cari tahu gimana bisa mencapai berat badan idealnya. Mau tahu caranya juga, Bund/Yah? Ini dia…



Menghitung Berat Badan Ideal si Kecil

Untuk menghitung berat badan ideal si Kecil, WHO ternyata sudah punya rumusnya, Bund/Yah. Jika si Kecil belum mencapai 1 tahun, maka rumusnya adalah demikian:
BBI (Berat Badan Ideal) ANAK (USIA 0-12 bulan):
RUMUS BBI = (umur (bln) / 2 ) + 4

Misal :
1) Usia 2 bulan, maka BBI = (2/2) + 4 = 5 kg
2) Usia 3 bulan, maka BBI = (3/2) + 4 = 5,5 kg

Nah, jika si Kecil sudah mencapai usia satu tahun, tentunya aktivitas dan makannya lebih banyak. Oleh sebab itu, rumusnya pun berbeda:
BBI ANAK (USIA 1-10 tahun):
RUMUS BBI = (usia x 2 ) + 8

Misal :
1) Usia anak 1,0 tahun, maka BBI = ( 1,0 x 2 ) + 8 = 10 kg
2) Usia anak 2,0 tahun, maka BBI = ( 2,0 x 2 ) + 8 = 12 kg

Sekarang udah tau gimana cara ngitung berat badan ideal buat anak kan, Bund/Yah? Sebagai orang tua tentunya kita gak mau si Krucils kekurangan atau kelebihan berat badan. Karena berat badan yang gak mencapai angka normal takutnya bakal mempengaruhi perkembangannya saat dewasa, Bund/Yah. Lalu, Apa sih kunci supaya berat badan si krucils jadi ideal? Ini dia Bund/Yah

Libatkan si krucils dalam aktivitas fisik.

Kalo dibiarkan menonton TV atau digendong terus, gak baik juga kan, Bund/Yah? Emang sih dia lebih tenang, tapi si krucils jadi tak bisa banyak bergerak. Nah kalau saya biasanya menyempatkan diri buat mengajaknya beraktivitas fisik, mulai dari jalan-jalan ke luar rumah, main sepeda, bahkan mengajaknya main bola.

Tidur yang cukup.

Anak yang tidur siang bikin berat badannya akan bertambah? Jangan khawatir, Bund/Yah. Anak tidurnya banyak belum tentu jadi obesitas kok, Bund/Yah. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuat nafsu makan bertambah. Jadi, tidur cukup adalah salah satu kunci supaya si krucils selalu sehat.

Penuhi nutrisi si krucils.

Mungkin lebih mudah bagi kita dan lebih enak bagi si Krucils untuk mengonsumsi makanan cepat saji, seperti ayam dan kentang goreng di gerai fastfood, jajanan di pasar, dan sebagainya. Tapi ingat, lho. Makanan-makanan tersebut gak bisa kita ketahui isi dan kandungannya. Jadi, sebaiknya kita sebagai orang tua menyiapkan makanan sendiri untuk si krucils, Bund/Yah. Tentunya menggunakan bahan-bahan bergizi yang kaya karbohidrat, protein, lemak, serat, serta vitamin. Karena si Krucils susah makan, saya sendiri memberi si Krucils Pediasure, untuk memastikan nutrisinya tercukupi. Saya sendiri udah gak memberikannya sufor, jadi cukup kasih pediasure ini dan bisa bantu seimbangin berat badannya, Bund/Yah.

Gimana bund/Yah, udah tau kan cara ngitung berat badan ideal?
Apa berat badan Si krucils udah Ideal? Kalau udah, bagi tipsnya juga sini. Hihihi. Tapi kalau belum, apa yang mau bunda atau ayah lakuin buat si krucils supaya dapet berat badan ideal? Share yuk!

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts