Facebook Twitter RSS
banner

Touring Pendek, Yuks ke Ciwidey Bandung

[split]Acara komunitas identik dengan touring, ada istilah disebut dengan touring pendek, touring sedang dan touring jauh. Setiap bulan kita bisa lihat di media Modifikasi.com berbagai komunitas melakukan turing dalam rangka memperkenalkan komunitasnya juga sekaligus jalan-jalan refreshing buat membernya. Kali ini kita akan jalan-jalan melihat keindahkan Kota Ciwidey.

Nama Ciwidey merupakan sebuah nama kecamatan yang letaknya dekat dengan kota Bandung. Tahukah Anda tentang asal nama unik Ciwidey ini? Nama Ciwidey asalnya dari bahasa Portugis Kuno, di mana Ciwi artinya adalah Kiwi dan Dey artinya adalah hari. Ada juga yang menyebutkan bahwa Ciwidey asalnya dari bahasa Yunani Kuno, di mana Ciwow artinya Sapi dan Dos artinya adalah lima.



Apa saja tempat wisata yang ada di Ciwidey? Lets, see. Informasi saja untuk mempermudah jalan-jalan ke Ciwidey kalau mempunyai mobil berjenis SUV seperti toyota fortuner, pajero dan sejenisnya tentunya akan mempermudah menembus perjalanan ke Ciwidey.

SITU PATENGGANG



Jika berangkat dari kota Bandung, maka Anda setidaknya sudah berada sekitar 47 km dari tempat wisata di Ciwidey ini. Letaknya ada di selatan Bandung, tempat ini adalah tempat wisata yang menyuguhkan keindahan danau yang indah. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan dengan menggunakan perahu lho. Untuk menyewa perahu, Anda harus mengeluarkan biaya kurang lebih 150.000-250.000 rupiah saja, tergantung pada kapasitas perahu yang Anda inginkan.

Wisata seperti ini cocok untuk Anda yang membawa rombongan keluarga atau teman-teman karena Situ Patenggang ternyata merupakan tujuan wisata paling favorit untuk rombongan. Untuk masuk, Anda harus membayar tiket masuk 15.000 Rupiah per orangnya. Untuk tarif parkirnya, mobil atau minibus adalah 11.000 Rupiah dan bus 22.000 Rupiah.


[/split]

KAWAH PUTIH CIWIDEY



Tidak lengkap rasanya kalau ke Ciwidey tapi tidak mampir ke Kawah Putih. Rasanya, Bandung memang juga terkenal dengan Kawah Putihnya, ya? Nah, di 44 km dari Bandung, Anda bisa menemukan Kawah Putih Ciwidey, tepatnya di Rancabali. Dengan pemandangan yang memikat, air danau berwarna putih agak kehijauan yang berpadu dengan batuan kapur putih adalah suguhan yang menenangkan.

Menurut cerita, Kawah Putih adalah tempat roh leluhur berkumpul. Bahkan, salah satu puncaknya juga dipercaya sebagai tempat rapatnya para leluhur lho. Keren, ya? Ada cerita gaib juga di tempat ini, yaitu beberapa masyarakat lokal melihat domba berbulu putih di sini. Menurut mereka, domba-domba tersebut adalah jelmaan leluhur. Makin penasaran dan ingin segera datang ke kawah putih Ciwidey? Siapkah 15.000 Rupiah per orang untuk tiket masuk ya. Dan juga 15.000 Rupiah untuk parkir kendaraan roda empat.

PEMANDIAN WILINI



Selain pemandian Cimanggu, ada juga pemandian Walini yang tidak hanya menyediakan air panas yang sumbernya langsung dari alam, tapi juga ada wahana perosotan untuk anak. Jika Anda pergi ke Situ Patenggang, Anda bisa mampir ke pemandian air panas ini karena letaknya tidak terlalu jauh. Selain itu, letaknya juga ada di kebun teh Walini, jadi Anda bisa menikmati keindahan dan sejuknya kebuh teh Walini juga.

BUMI KEMAH RANCA UPAS



Letaknya tidak jatuh dari Kawah Putih, yaitu di Desa Alam Endah. Jika Anda berangkat dari kota Bandung, maka Anda harus menempuh sekitar 56 km untuk bisa sampai ke tempat ini. Hanya dengan 10.000 Rupiah per orang, Anda sudah bisa menikmati wisata di Ranca Upas. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin berkemah, Anda bisa menyewa peralatannya atau membawa sendiri dari rumah.
[/split]

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts