Facebook Twitter RSS
banner

Mengganti Lampu Depan Dengan HID atau LED ? Bagus mana?




beberapa hari yang lalu udh kedatangan tamu yg ditunggu - tunggu, yaitu ertiga baru ane yg akhirnya datang juga. baru beberapa lama ane nyetir ane merasa ingin ganti lampu depannya yg masih halogen walaupun sudah proyektor. nah ane mau nanya sedikit, mending ganti LED atau HID ya?

Kalo ane liat mobil yg mahal-mahal sekarang sudah mengusung teknologi LED, salah satunya Toyota Fortuner VRZ, dan model mahal lainnya. Namun blm ada di kelas medium mpv, nah melihat mobil-mobil mewah sudah menggunakan Led, ane pingin nih ganti LED, secara LED lebih cool warnanya, dan jd terlihat makin modern ertiga ane. Tapi karena ane pernah pake HID di mobil ane yg sebelumnya, ane merasa lebih terang menggunakan HID. Jadi bimbang.

Sebelumnya buat yg masih blm tau, ane bahas dulu soal Halogen vs HID vs LED


Quote:

Halogen

Lampu halogen adalah lampu pijar biasa akan tetapi berisi filamen tungsten yang dibungkus dengan kaca dan dimasukkan gas (nitrogen atau argon atau crypton), listrik yang masuk ke bohlamp ini akan memanaskan filamen sehingga menimbulkan sinar/cahaya yang kemudian diperkuat oleh gas yang ada di dalam bohlamp lampu halogen tersebut. Lampu halogen termasuk lampu dengan intensitas cahaya yang cukup kuat sehingga banyak dipakai untuk pencahayaan mobil-mobil adventure. Akan tetapi kelemahan lampu halogen adalah lampu cepat panas sehingga rumah lampu juga sering cepat buram, lampu halogen juga termasuk sangat boros minimum (55 watt) sangat menguras aki mobil/motor sehingga cepat drop. Kelebihan lampu halogen ini adalah harganya yang cukup terjangkau dan tersedia banyak di pasaran.

LED

Lampu LED atau Light Emitting Diodes adalah lampu dengan menggunakan perangkat elektronik chip semi konduktor dengan hambatan. Lampu ini menggunakan dioda untuk menciptakan cahaya sehingga sangat awet, kelebihan lampu LED selain awet adalah tidak menghasilkan panas seperti lampu halogen sehingga lebih hemat energi dan tidak merusak rumah lampu. Lampu LED ini banyak digunakan pada senter jaman sekarang yang menghasilkan nyala putih (biasanya sumber cahaya berbentuk elemen kotak), sangat awet tidak mudah putus. Lampu LED juga banyak digunakan untuk penerangan peralatan elektronik lain seperti komputer, sistem audio, panel kontrol pada mobil atau bagian dalam mobil (kabin). Lampu LED ini juga banyak digunakan sebagai lampu utama mobil
Kelebihan lampu LED adalah:
1. Hemat energi (tidak boros) sehingga tidak membuat aki tekor
2. Tahan lama (awet) tidak mudah putus atau rusak
3. Lebih bervariasi

HID

Lampu HID atau High Idensity Discharge terbuat dari campuran gas dan logam langka yang menghasilkan nyala berkarakter seperti sinar matahari yakni putih terang, saat ini lampu HID sedang marak digunakan bik untuk headlamp atau foglam dan lampu dim modifikasi pada beberapa mobil dan motor.
Silau yang sangat terang dari HID sering malah menyebabkan pengendara lain terganggu sehingga sebenarnya penggunaannya cukup berbahaya, di negara-negara eropa dan australia penggunaan lampu HID yang menyilaukan dianggap melanggar lalu lintas sehingga cahaya dari lampu HID perlu dikendalikan (tidak maksimal). Di Indonesia sendiri barusaja ada desas-desus jika penggunaan lampu yang terang dan menyilaukan akan dikenakan sanksi, nah waktunya lebih bijak menggunakan lampu ini.
Uniknya lampu HID ini baru menghasilkan nyala optimal setelah dinyalakan kira-kira 15 detik, begitu lampu dinyalakan maka secara bertahap lampu akan menjadi terang sampai maksimal pada waktu 15 detik (butuh pemanasan)
Kelebihan lampu HID antara lain:
1. Nyala yang terang (jelas) dan karakter cahaya yang bagus
2. Tidak menghasilkan panas yang berlebihan seperti lampu halogen
3. Irit listrik
Sementara kekurangan lampu HID:
* Harga yang mahal
* Ketersediaan dan variasi sedikit
* Harus mengatur intensitas cahaya jangan sampai terlalu terang sehingga mengganggu pengendara lain dan menyebabkan dampak buruk ke kita, atau minimal menggunakan proyektor sebagai rumahnya.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts