Facebook Twitter RSS
banner

Restorasi & Modifikasi Mazda MR90 "Mister Kanjo" Budget Mahasiswa

Mister Kanjo Story
Mazda MR90 1992 Si Pepen daily driven



Salam kenal modcomers semuanya mungkin masih ada yang aktif disini? mau cerita nih ya mudah mudahan ga bosen.. kenalin Saya Yogie domisili bogor tapi hidup banyak di jakarta jadi kuncen kampus di daerah jaksel hehe dan saya cuma mahasiswa kere yang uang jajan dan pemasukannya seadanya lah pasti om om ada juga yang tau paitnya jadi mahasiswa :D:D pengen main mobil dari kecil dan setelah lama cuma jadi ninja hatori disini akhirnya iseng iseng nih bisa post project lowbudget modifikasi dan restorasi mobil pertama saya yang lumayan penuh perjuangan yang saya beli dari uang tabungan semasa sekolah.. jadi mobil ini saya beli 1.5 tahun lalu tepatnya saat saya umur 20 tahun. ya lumayan lah rasanya beli mobil setelah lama puasa biar tua dan buluk bangga aja pede bawa ke kampus yang notabene di wilayah elit jakarta selatan. bodo amat dah :ketawa: tapi kok mau gitu ya beli yang namanya mazda mr yang jujur aja sebenernya bentuknya prematur kayak nenek nenek dioplas bohay...karena basicnya dari 323 FA4 taun 80an yang dipaksa "muda" oleh indomobil dan kuat banget image mobil rakyat. ya emg sih yang masuk dikantong dan taun muda kayaknya cuma ini karena budget waktu ngangkat cuma 15juta an dapet mobil tinggal gas dan pajaknya hidup. tapi sebenernya bukan itu alasan saya pertama ngangkat ini mobil.. karena emang dari dulu saya suka namanya balap balapan. terutama bidang ngepot alias drifting dan slalom nah kebetulan saya juga ikut sm salah satu tim balap tapi ya pengen juga punya sendiri karena resikonya tidak terlalu berat karena ini mobil RWD lalu saya kepikiran kenapa engga? akhirnya mobil dibawa pulang kondisi sehat mesin sehat hanya body dapet emang rada buluk dan banyak karat , seiring waktu dan saya pake tiap hari baru lah keliatan namanya penyakitnya.. mogok lah rewel lah mulai deh tuh muncul pusing dibuatnya hampir mau dijual.


nah ini pertama kali saya bawa dari hasil COD di wilayah kemayoran

pernah dua minggu mobil saya tinggal di pinggir jalan di daerah cibinong karena engine mounting pecah biarpun mesin hidup tp ga berani maksain tapi alhamdulilah gada yang mau nyolek hahaha

setelah mounting jebol lalu muncul penyakit mobil ini adalah rem yang macet ga bisa balik akhirnya musti saya towing kesana kemari ngabisin duit. lalu muncul di kelistrikan yang ga beres sering mati tiba tiba. muncul lagi setelah nya masalah karbu dan dan trakhir yang ngeselin kampas kopling habis setelah dibawa jalan kebandung. terpaksa lah dari bandung cuma bisa minggir sama truk karena tenaga loss. tp syukur masih bisa selamat pulang kerumah.. setelah kejadian kejadian tersebut akhirnya saya fokusin MR saya buat dibangun dulu daleman mulai dari ganti busi dan kabel kabel busi,selang selang,karet bushing full depan belakang, rebuild karbu, ganti kopling set lengkap sama dreklahernya, rubah cdi pake timor biar nyaman, ganti koil beresin gardan yg udh pada aus , kuras per olian , delco dan sampai piranti AC diganti biar lebih joss. jadi hampir selama setahun lebih saya tabung setiap bulan buat jajanin yang kerasa ga enak tapi mobil masih sering dipake seiring jalannya rebuild ( gerobak andalan tiap hari :ketawa: )

setelah rada di beres beres penyakit kambuhannya saya pake ini mobil buat ngebisnis dan lumayan wara wiri kesana kemari dah bisa ngasilin cuan dan kebeli lagi lah mobil idaman saya dari dulu nissan cefiro spek driftstar yang akhirnya saya pake latihan dan si MR ini saya alihfungsikan jadi mobil operasional hari hari saja. ( ga kuat :nangis: kalo tiap hari ngampus bogor jakarta pake cefiro ) skip kita ga akan bahas cefiro ini tp bagi netizen pasti udah banyak yang kenal sm si ciro saya karena pernah viral kena kasus yg cukup tau aja.

dan salutnya mesin emang sehat sentosa jaya dan bertenaga buat saya pake keluar kota. jakarta - cirebon , jakarta - jogja dan terakhir single turing ngelahap medan ganas + nyasar ke daerah sukabumi tepatnya ke ujung genteng sambil liburan ekonomis dan syukurlah ga ada trouble sampe pulang kembali ke jakarta.. setelah banyak yg diperbaiki biarpun body masih buluk

berikut vlog isengnya :D
https://youtu.be/cbkxyo8nRNQ

ya setelah dirasa cukup buat internal tahun kedua saya fokusin buat ngilangin penyakit tetanus yang udah nyebar kayak kanker. akhirnya mobil digantung dan prosesnya selama bulan puasa 2018 kemarin ya disitu ketauan deh dek banyak yg sudah kropos dan pintu pintu kropos akhirnya mari kita liat prosesnya

dek nya bolong hihihi pantes basah basah gimana gitu... akhirnya di las dan tambah plat plus coating

setelah coating biar tambah kedap.. dan aman dri bocor bocor nakal. tapi untungnya bagian vital seperti chassis dan struktur laennya masih aman dari karat.

soal eksterior ini mobil buluknya minta ampun lecet full body fender acak acakan dan pintu yang udah ad bolong segede bola bisbol akhirnya di las trus dibentuk lagi bagian side skirt yg brantakan sekalian saya beli overfender custom biar tambah garang.


nah selama lebaran kan asyik sambil nunggu bedug ya restor deh body skalian bantuin mamang cetnya




dah kinclong deh bisa ngaca.. hehe

proses kira kira satu bulan untuk garap body dan lantai itupun bekerja bagai quda haha karena ngejar target lebaran bisa dipake mudik alhamdulilah bisa juga dipake mudik nganter calon mertua ke jalur sukabumi biarpun kondisi masih bau bauan sama bau flinkote. hajar bleh..

setelah lumayan dirasa cukup untuk sementara ini karena budget yang sudah kosong melompong dan butuh puasa lagi setiap bulannya silahkan dilirik






Mazda MR90 1992 Full Original
Aliran modifikasinya boxy street racer dan kanjozoku kayak di osaka osaka gitudeh
-Mesin standar UC1400 sohc karbu single cam
-Cat Nippon blue green ( Ijo Tosca ) clear blinken
-velg inko custom lebar 8.5 belang 7.5 ET gatau Ring 15
-ban achilles ATR-K Sport dan 123S 195/50 R15
Fresh Part
- Kopling set exedy + ntn bearing buat dreklahernya
- Master rem full atas bawah piston baru ori mazda
- Bushing bushing,selang selang,perkaretan,kabel kabel,bearing bearing,mounting dan temen temennya
- Karburator rebuild beli repair kit doang dan filternya fresh
- Radiator ori 1ply ( sudah ilang penyakit OH )
- Join kopel GMB dan repair kopel
- Rapih rapih PLN alias klistrikan aki baru,busi kabelnya delco dan temen temennya dll
Modifikasi part biar tambah enak
- Alternator nissan 70A
- Piranti AC Fullset diganti kopresor pake sanden aja yang murmer yg penting dingin
- Pulley kecil ( buat atasin overheat ) puteran kipas lebih kenceng
- Rubah dari platina ke CDI pake punya stecker buat timor kabelnya DIY nyambung ke koil
- Robah PCD 110 Pake adapter baja ke 100/114 ( ada 8 lobang di adapternya jd tinggal pake sesuka hati ) karena cari velg yg cakep udh susah pcd 110 dan plus spacer biar ga kaya metromini ( kalo liat mr standar yg baut tanem )
- Entertaiment standar ganti bluetooth aja yg murahan dan ga pake sub gede gede berat di ongkos hehe

next time kalo ada rezeki mau refresh mesin sekalian naikin dikit hehe , ganti bucket seat ganti velg yang rada branded dan nicelook dan pantek gardan dan sesuai sm regulasi balap sukur sukur bisa ikutan balap resmi bukan cuma liar ngepot dijalan kayak biasanya.. Perjuangan masih panjang hehe jadi udah kepalang basah.. harga jajan udah overbudget 3x dari harga mobil padahal sedih liat pasarannya dan ditawar orang 15-20 juta doang hikss

biarpun mobil mazda mr ini kebanyakan emang kurang bergairah diliatnya.. tapi saya jadiin tantangan biar naikin image mobil kalo emang pemiliknya mau pada modifikasi sesuai dan proper ga alay dan ricer biar enak diliat jadi banyak orang suka plusnya naikin harga pasaran mobil itu sendiri.. padahal banyak potensi yang bisa digarap dari mobil yang katanya ringkih ini... karena rwd banyak potensi dan alhamdulilah perjuangan tidak membohongi hasil kemana pun sekarang pede aja udah ga mogokan mau dihajar macet 12 jam pun full ac masih sanggup jejeran sm mobil muda. sudah fit kembali seperti sedia kala walau minusnya mobil ini saya buat ceper dan shock keras ya udah lah daripada musti jinjit dan mentok ban, nikmatin saja

lesson to learn bisa didapat dari semua prosesnya.. saya yang ga ada sama sekali basic mekanik bisa lumayan paham lah bongkar bongkar sendiri dan diagnosa sendiri karena mobil ini sistemnya masih simple. anggap aja main RC Drift hehee:inlove:

udah ah segitu aja nanti diupdate lagi silahkan kritik dan saran buat masukan saya ngebangun ni mobil makin yahud.. atau mau bagi bagi cerita dimari langsung corat coret aja..

salam ngepot
#drifterkere
tak kenal maka tak sayang kepoin IG saya @gieeboys or www.fb.com/gieeboys

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts