Facebook Twitter RSS
banner

Ini Dia Perubahan Honda Civic dari Waktu ke Waktu!

Kalo nyebut “Honda Civic” Pasti kebanyakan orang udah tau, karena civic sendiri banyak keliaran dimana-mana di jalanan. Tapi tiap civic yang kita liat itu pasti beda-beda kan, nah udah tau belum yang kita liat itu civic generas ke berapa?

Honda Civic sendiri untuk generasi pertamanya di luncurin tahun 1973 dan di tahun 2017, Honda ngeluncurin Civic generasi sepuluh. Udah banyak kan? Terus, gimana sih perubahannya dari waktu ke waktu? Ini dia!

1. Civic Generasi Pertama (1973)

Dikenalkan pada 1972, namun dijual sebagai model 1973. Yang menjadi selling point utama adalah mesin dengan teknologi CVCC yang sangat irit BBM. Pengunaan mesin CVCC ini juga memungkinkan Civic meminum bensin dengan atau tanpa timbal.

2. Civic Generasi Kedua (1980)

Civic generasi kedua ini lebih besar dan lebih "bulat" serta penambahan kekuatan mesin. Di Indonesia dikenal dengan nama civic excellent. Edisi 1335 cc berkekuatan 55hp (41kW), sedangkan yang edisi 1488 cc berkekuatan 67 hp (50kW). Di Civic edisi ini juga ada yang ditawarkan bertransmisi semi-otomatis yang pada saat itu merupakan hal yang unik.

3. Civic Generasi Ketiga (1984)

Dikenal di Indonesia dengan nama civic wonder. Di generasi ini, wheelbase dipanjangkan 13 cm. Ditampilkan dalam bentuk-bentuk hatchback 3 pintu, sedan 4 pintu, shuttle wagon 4 pintu dan CRX Coupe. Memakai mesin CVCC (Compound Vortex Controlled Combustion) 12-valve 76 hp 1500cc dan desain yang diperbaharui.

4. Civic Generasi Keempat (1988)

Di generasi ini, wheelbase lebih dipanjangkan menjadi 250cm. Body juga didesain ulang agar lebih nyaman. Berbasis mesin CVCC 1500cc 16-valve bertenaga 108 hp (81kW), namun edisi mesinnya berbeda-beda untuk regional tertentu. Tahun 1990, Civic mengalami sedikit facelift. Di Indonesia civic generasi ini dikenal dengan nama grand civic untuk sedan 4 pintunya dan civic nova untuk hatchback 2 pintunya.

5. Civic Generasi Kelima (1992)

Generasi Civic kelima yang dikenal dengan nama civic genio untuk sedan 4 pintu dan estilo untuk hatchback 2 pintu ini memiliki wheelbase yang diperpanjang lagi menjadi 262 cm untuk sedan 4 pintu, dan 257 cm untuk hatchback 2 pintu. Varian yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari seri DX yang dasar, LX yang dilengkapi AC, player kaset, power windows, seri EX yang dilengkapi sunroof, stereo dan memiliki VTEC.

6. Civic Generasi Keenam (1996)

Dikenal sebagai civic ferio. Bermesin B16A 160 PS (158 hp/118 kW). Di generasi ini pertama kali salah satu varian Civic bertenaga gas alam dikeluarkan. Varian Type-R juga adalah tipe yang baru dimulai di generasi ini. Type-R adalah Civic yang mempunyai kekuatan mesin lebih garang --189 PS JIS (185 hp/132 kW)--. Tahun 1999, sedan Civic diupdate interior dan eksteriornya, Jadi makin keren!

7. Civic Generasi Ketujuh (2001)

Memakai suspensi MacPherson (sebelumnya memakai double wishbone) untuk meminimalisasi biaya dan juga menyediakan ruang lebih banyak untuk mesin Honda K-Series yang baru dikenalkan. Di Generasi ini, Civic Hybrid (1300 cc) mulai diperkenalkan!

8. Civic Generasi Kedelapan (2006)

Civic mengalami perubahan desain besar-besaran di generasi ini. ABS dan airbag sudah diterapkan ke semua varian. Produksi tahun 2006 dan seterusnya, Civic menerima rating ULEV-2 (Ultra Low Emission Vehicle) dan mesin powerful 1800cc. Variannya antara lain DX, LX, EX, Si dan hybrid.

9. Civic Generasi Kesembilan (2012)

New Honda Civic 2013 Facelift akan hadir dalam pilihan tipe LX, EX, EX-L dan model Si. Untuk tiga tipe pertama akan menggunakan jantung pacu sama dengan kapasitas 1.8 liter i-VTEC empat silinder. Sedangkan untuk model Si akan memiliki mesin berkapasitas 2.4 liter i-VTEC empat silinder. Setahun kemudian, Honda Civic Sedan hadir dengan varian mesin Hybrid. Honda Civic Hybrid 2013 ini bermesin bensin kapasitas 1.5 liter. Performa mesin ini akan sanggup hasilkan tenaga sebesar 110 hp yang akan dikombinasi dengan IMA system seperti milik Honda CR-Z

10. Civic Generasi Kesepuluh (2017)

Honda Civic Hatchback Turbo, Civic generasi ke sepuluh ini emang cukup ditunggu-tunggu oleh pecinta Civic di Indonesia. Karena ada banyak perubahan yang bikin mobil ini tampil lebih ‘seksi’. Bagian bemper depan desainnya lebih sporty ketimbang sedannya, apalagi seperti adanya tambahan front lips yang tipis. Buat lampunya, Civic Hatchback Type E menggunakan LED sedangkan buat Civic Hatchback Type S menggunakan Projector headlamp. Ke bagian belakang, ada ‘pantat’ yang lebih seksi dari civic sebelumnya. Selain itu di bagian belakang ada Rear combi lamp sama LED Light bar ini emang nambah kesan sporty. Buat mesinnya sendiri Civic Hatchback Turbo ini pake mesin 1.5L Turbo-Charged dengan Earth Dreams Technology jadi bisa menghasilkan tenaga maksimalnya sampe 173PS yang berarti ini sama kayak mesin berkapasitas gede. Udah gitu dia ada CVT dengan teknologi Earth Dreams supaya perpindahan transmisi bisa lebih alus dan bahan bakarnya juga lebih efisien.

Itu dia perubahan Honda Civic dari waktu ke waktu!
Menurut kalian, yang mana nih yang paling keren? Share di komen ya!
:keren: :keren: :keren:

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts