Facebook Twitter RSS
banner

BMW E60 530i M54B30 - Apakah saya keblondrok?

Halo modcomers semua. Akhirnya setelah sekian lama saya berani posting lagi setelah sekian tahun cuma jadi silent reader.

Kali ini saya mau share untuk progress restore kecil2an mobil BMW E60 530i Tahun 2004 yang pada awal tahun 2018 ini saya beli. Sebenernya udah sejak beberapa tahun lalu pengen coba melihara E60 karena kepincut lihat E60 punya Koko Rudy pemilik Workshop Eurotech:



Seiring berjalannya waktu dan tercukupinya duit (pastinya), akhirnya di awal tahun 2018 saya putuskan untuk hunting dengan budget maksimal 180 juta untuk yang mesin M54B30 dan yang ada sunroof-nya. Teaser untuk kondisi sekarang:



Yuk mari simak perjalanannya dari awal hingga sekarang.
Spoiler for Awal Beli: Show

Liat iklan di OLX yang menawarkan BMW E60 530i dengan harga yang "murah" di bawah harga pasaran. Sempet kepikiran, dijual murah pasti banyak PR. Tapi yoweslah, namanya juga mau belajar. Ga pakai lama langsung aja besoknya disamperin untuk cek langsung mobilnya.








Setelah test drive bareng sama mekanik langganan, ditemukan PR dari mobil tersebut (pada saat itu), antara lain:
  1. Notifikasi Air Bag & Restraint System nyala
  2. PDC (parking sensor) yang bagian belakang mati satu
  3. Stir geter di kecepatan > 80 kpj
  4. Monitor tengah dan MID udah ada bercak (jadi susah dilihat)
  5. Kompresor ac minta diservis (bunyi tek tek tek) tapi masih lumayan dingin
  6. Ada rembes di seal oil carter (minta ganti seal)

Setelah beres negosiasi yang cukup alot, akhirnya deal dan mobil langsung dibawa ke Nawilis Cibubur sembari pulang ke rumah untuk spooring dan balancing.




Spoiler for Pasang Sportkit: Show

Setelah pakai sekitar 1 bulan, mulai deh gatel buat dandanin. Iseng-iseng hunting di tokopedia, eh nemu yang jual sportkit eibach second yang harganya asik banget. Dengan harga 1.2 juta dapet eibach sportkit yang kondisinya masih oke banget dan per belakang belum pernah dipakai. COD di SPBU Shell Tebet sekalian lurusin stir yang menurut saya kerjaan di Nawilis Cibubur masih kurang oke (untuk kesekian kalinya).


Besoknya langsung ke Midun Jaya Spring untuk pasang sport kitnya.



Waktu bongkar per dan shock belakang, ternyata shock belakang udah bocor. Akhirnya sekalian diganti deh shock belakangnya. Beres pasang per langsung mampir ke Eurovolution untuk press peyang velg biar ga geter klo lari di atas 80 kpj.

Dan hasilnya seperti ini:

NUNGGING AMAT PAK!


Spoiler for Mempermanis Eksterior: Show

Nyeperin sudah (even masih nungging), mulai lah saya hunting mau dibikin seperti apa tampilan eksteriornya. Berhubung tampilan E60 M5 udah sering banget diliat (tapi alasan sebenernya adalah karena bumper set M5 mahal. 15 juta bisa buat benerin yang lain nih. hehehe), akhirnya kepikiran untuk dibuat jadi single tuner Breyton macam BMW E36 saya yang dulu.


Untuk E60 yang versi Breyton adalah seperti ini:

Biasa aja sebenernya, cuma modal lips bumper depan dan velg breyton doang. Modif paket hemat. Semoga ga pasaran. Hehe.

Setelah hunting ke seluruh penjuru pedagang bodykit, akhirnya nemu yang bisa bikin lips bumper depan Breyton. Terpaksa pakai yang fiber karena yang original susah banget nyarinya. Ya sembari nanti someday dapet yang asli, pasang dulu sementara yang kw-nya. Tapi bumper set Breyton yang di BMW E36 saya original lho, bukan fiber2an.

Kontak seller, order, dan 4 hari kemudian jadi deh. Mumpung mau di-fitting ke mobilnya sekalian cat aja deh untuk beberapa bagian yang baret2. Oh iya, di tempat yang sama saya juga order spoiler bagasi yang model BMW E60 M5.






Pas sudah terpasang.








Dikarenakan masih nungging banget, langsung baret2 lips-nya pas keluar dari bengkel cat. padahal baru banget selesai cat. kocak.


Spoiler for Hunting Velg: Show

Sekarang waktunya hunting velg nih. Berhubung budget udah lumayan minim, akhirnya coba cari velg ring 19 yang murah meriah tapi original dan pastinya merk Breyton. Untuk sementara ini, saya sebisa mungkin cari spek velg yang mendekati spek E60 M5 biar masih lumayan kerasa nyamannya. Pengen sih pakai velg ring 20, ya sambil berjalan lah sembari beresin PR2-nya.
Hunting sana sini di instagram. Akhirnya nemu yang offset-nya pas biar ga usah pake spacer/adaptor. Kebetulan posisi seller-nya ga begitu jauh dari rumah (Bogor). Langsung kontak seller-nya dan samperin.


Dokumentasi pas ambil ga ada karena hape lowbatt pada saat itu. Jadi langsung aja pas lagi fitting yaa.


Untuk proses fitting ini, saya potong per eibach-nya yang belakang 2 ulir biar ga nungging. Motong per-nya di Bule Putra Jaya, Jalan Radar Auri Cibubur.

FYI:
# Spek velg: Ring 19, lebar 9 rata, offset 20
# Ban depan: Accelera Phi 245/40/19
# Ban belakang: Accelera Phi 275/35/19


Spoiler for Beresin AC: Show

Yang namanya motuba a.k.a mobil tua bangka, ga jauh2 dari masalah. Di suatu hari Jumat pas mau berangkat ke masjid, tiba2 AC ga keluar angin sama sekali. Hmmmm, PR baru nih. beres jumatan langsung bawa ke bengkel AC langganan yaitu Mas Wahyu CV. Kansa Motor di Pondok Bambu. Di bengkel AC ini mobil sempet nginep semingguan lebih karena ternyata kompresor-nya udah diakalin (pake punya elf klo kata Mas Wahyu) dan pas dibongkar2 semua perangkat AC-nya untuk dibersihin sekalian, eh udah pada minta ganti semua. Yowes akhirnya semua perangkat AC-nya, DIGANTI!





Sekalian bongkar dashboard untuk service modul AC dan bersihin jalur AC biar dinginnya maksimal.

Total Biaya Restorasi AC: Rp 17.450.000,00 --> Fantastis bukan?!



Spoiler for Recent: Show

Dan akhirnya jadi seperti sekarang:

















Nah, ini informasi yang menurut saya cukup berharga. Berapakah total biaya untuk beresin mobil yang bermasalah ini? Pokoknya semua biaya yang dibeli, dari parts sampai biaya jasa (yang kecatet). Cek spoilernya yaa.
Spoiler for Total Spending: Show


Total sudah habis Rp 47.500.000,00 dari akhir bulan Januari sampai bulan Mei ini. Banyak yaa habisnya, even masih on budget alias beli mobil dan biaya2 masih belum tembus 180 juta tapi ... ya rasanya tetep nyesek gimanaaa gitu. PR-nya yang harus diberesin masih banyak dan mobil ini masih belum sedap dipandang (menurut saya).


Untuk wishlist next-nya adalah:
1. Repaint velg. Jari2 diwarnain gun metal dan lips di-polish gurat.
2. Bikin x-pipe dan ganti muffler.
3. Poles headlights.
4. Detailing.
5. Pasang spacer buat depan 1.5 cm dan belakang 1.8 cm biar padet.
6. Beli sensor parkir.
7. Ganti monitor tengah.
8. Velg Breyton Magic 2 (two piece construction), ring 19 lebar 8.5 (depan) dan 9.5 (belakang) offset seri 5.

Kiranya cukup sekian sharing saya kali ini. Semoga informasinya bisa bermanfaat buat temen2 yang mau bangun BMW E60 atau motuba lainnya. Saran dan kritik sangat ditunggu dari temen2 semua. Barangkali ada informasi untuk wishlist saya, boleh saya dikasih informasinya.

Thank you.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts