Facebook Twitter RSS
banner

Mesin dan Body Ertiga Baru Lebih Besar, tp Lebih Irit Bensin?





Ada yg udh nonton video diatas??? Saya sangat amaze dengan hasil dari konsumsi BBM si Ertiga baru ini, ternyata irit juga ya. Eeeeeitss tp tunggu dlu….

Saya merasa ada yg janggal dengan hasil konsumsi BBMnya.Saya antara percaya ga percaya dengan hasilnya. Kenapa? Pertama Ertiga baru memiliki mesin yang lebih besar dari versi sebelumnya, dan juga body lebih panjang dari pendahulunya agar ruang kabin makin luas. Artinya? Harusnya lebih boros dong??? Karena penasaran saya pergi ke dukun / orang pinter andalan saya, namanya mbah Google.



Usut punya usut ternyata Ertiga baru ini pake platform baru andalan si Suzuki, yang juga dipake di Ignis dan baleno, dan swift sport mereka, namanya HEARTECT.







“Lah trus kenapa kalo platform baru?”

oke saya jelasin. Jadi Secara sederhana, platform Heartect yang digunakan Ertiga baru ini adalah frame yang utuh, tersambung. Berbeda dengan platform sebelumnya yang dibuat secara tersegmentasi, bagian per bagian. Efeknya platform baru ini meningkatkan kekakuan bodi bagian bawah. Bentuknya yang halus dan melengkung menyebarkan energi dengan lebih efisien ketika terjadi benturan.


“wah lebih safety dong, eh tapi itu belum menjelaskan kenapa si ertiga baru malah lebih irit deh” .

Oiya saya lupa jelasin, jadi ada kelebihan lain gan, apa tuh? Kelebihan lainnya, platform Heartect ini memiliki bobot lebih ringan dibanding model terdahulu. Selain itu, Penggunaan baja ultra high tensile juga membuat bobot bodi 6 kilogram lebih ringan dari yang model terdahulu.
Eh tapi gak cuman sampe situ gan, ada bonus lainnya. Yaitu platform yang menjadi satu juga mengurangi kebisingan dan getaran.






“Trus efek keseluruhannya apa?”

Jadi gan, dengan penghematan bobot tersebut dapat mengurangi beban mesin, chassis, suspensi dan komponen-komponen lain yang akan berdampak pada peningkatan efisiensi BBM (bahan bakar minyak). Mobil nya pun menjadi lebih lebih cepat berakselerasi, lebih stabil saat menikung, serta berhenti lebih pendek jaraknya saat pengereman mendadak.

Akhirnya rasa penasaran dan ke kepoan saya kenapa si Ertiga baru malah lebih irit dari versi terdahulu terjawab. Saya yakin disini juga banyak yang penasaran, jadi saya bantu jelasin juga aja disini. Semoga bermanfaat hehehehe :peace:

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts