Facebook Twitter RSS
banner

Safety Driving, Apakah Sulit???? Berikut TIPS nya !




Halooo modcommers, saya sering bgt melihat berita di tv, di media online, bahkan social media pun banyak bgt kejadian kecelakaan. Yang menjadi masalah adalah, tiada hari tanpa kecelakaan. Tiada hari tanpa korban jiwa dijalan. Aneh tapi nyata. Emang sulit apa untuk mengemudi yang aman atau safety ini ? Berdasarkan fakta ini, saya mau mau share sedikit tips dari saya, gmana caranya kita untuk safety driving. CEKIDOOTT


1. Atur Posisi Duduk.
Quote:





Ini yang pertama banget gan , syarat utama agar anda nyetir lebih safety. Kenapa? Karena klo posisi duduk nya gak pas, misalnya terlalu pendek duduknya, anda jd susah liat kedepan, atau bahkan kesamping lebih luas, dan itu bahaya bgt buat keselamatan anda dan orang lain disekitar anda. Jadi makin banyak deh blindspot.

2. Pegang Stir dengan KEDUA TANGAN

Quote:






Nah ini juga kadang masih ada yg suka nyetir mobil pake satu tangan doang. Mungkin karena capek kedua tangan di stir, ataupun dia merasa jago atau andang stirnya jd satu tangan cukup. Tapi ini bahaya gan, selalu taruh kedua tangan di stir, dengan posisi yang dianjurkan pada jam 9 dan 3. Kenapa? Karena posisi ini dianggap paling cepat dan mudah dalam menangani situasi untuk menangani stir disaat terjadi gerakan mendadak.
3. Ikuti Arus Lalu Lintas Sekitar Anda
Quote:





Maksudnya? Nih saya kasih contoh ya. Missal kendaraan sekitar berkecepatan 40, yaudah anda kecepatan cukup sekitar segitu saja, jangan makin lambat, ataupun jauh lebih cepat. Lebih lambat dapat mengakibatkan kendaraan dibelakang melambat, yang berpotensi rem mendadak menyebabkan kecelakaan. Kalo jauh lebih cepat? Anda bisa saja tidak dapat mengendalikan kendaraan jika ada yang tiba2 rem mendadak, ataupun pindah lajur tiba-tiba.
4. Selalu cek SPION
Quote:





Ini nih, masih banyak pengendara yang tidak melihat kaca spion, bahaya bgt gan. Contohnya dari pengalaman pribadi saya. Kemarin saya pulang mudik di tol merak menuju Jakarta, saya dilajur paling kanan dengan kecepatan 80an KM/H ada mobil didepan saya yg di lajur kiri. Dari jauh mobil ini tetap berada di lajurnya dikiri. Entah kenapa disaat saya udh deket dengan dia, dia malah pindah lajur ke lajur saya, yang jelas-jelas saya udh deket bgt, dan saya yakin bgt dia tidak lihat spion. Saya harus rem mendadak sampai penumpang dimobil yang tadinya tidur semua jadi kebangun. Andai saja saya tidak sempat rem mendadak, sepertinya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. So, SELALU LIAT SPION SAAT MAU PINDAH LAJUR.
5. Jangan Pernah Mendahului Kendaraan dari Kiri, terutama BAHU JALAN
Quote:




Pertama, itu dilarang dalam undang-undang tentang lalu lintas. Kedua, berbahaya, kenapa? Karena posisi duduk anda semua ada dikanan mobil, jadi saat anda mendahului kendaraan dari kiri, masih ada banyak bagian yg tidak terlihat di lajur kiri kedepan, missal ada truk yang sangat lambat, atau bahkan ada yang berhenti karena darurat. Yang lebih parah saat mendahului dari kiri dalam kondisi jalan berbelok, semakin tidak terlihat lagi apa yang akan anda hadapi didepan. Jadi JANGAN PERNAH MENDAHULUI DARI KIRI GAN, BAHAYA.
Menurut anda, gmana gan???? Tips saya berguna kah?
Monggo yang mau nambah tips aman berkendaranya, very welcomed

KEEP SAFE DRIVING GUYS, SAYANGI NYAWA ANDA

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts