Facebook Twitter RSS
banner

Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia



Majalah Forbes Indonesia menyelesaikan kajian 50 daftar orang terkaya 2016, yang dirilis hari ini, Kamis (1/12). Meski ekonomi dunia dan Indonesia sedang sulit, 50 orang taipan masih mampu menumpuk kekayaan lebih banyak US$7 miliar tahun ini.

Forbes menyebut total kekayaan 50 orang miliuner Indonesia mencapai US$99 miliar, lebih banyak 7,6 persen dibandingkan nilai 2015 sebanyak US$92 miliar.

“Budi dan Michael Hartono mempertahankan predikat sebagai orang terkaya di Indonesia dalam waktu 8 tahun berturut-turut dengan jumlah kekayaan US$17,1 miliar. Kekayaan mereka bertambah US$1,7 miliar dibandingkan 2015 lalu,” bunyi keterangan resmi Forbes, dikutip Kamis (1/12).

Melonjaknya kekayaan dua bersaudara pemilik saham PT Bank Central Asia Tbk dan grup Djarum tersebut, diduga karena merepatriasi hartanya senilai US$13 miliar setara saham di BCA dari perusahaan offshore ke dalam negeri. Aksi tersebut diasumsikan karena keduanya ikut serta dalam program amnesti pajak pemerintah.

Sementara di posisi dua, ada nama bos pabrik rokok Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo dengan jumlah harga US$7,1 miliar. Harta Susilo bertambah US$1,6 miliar dibanding tahun lalu karena keberhasilan Gudang Garam menambah penjualan 8 persen dan laba 19 persen dibanding 2015 silam.

Pemilik grup Salim, Anthoni Salim menempati posisi yang sama di urutan tiga dengan kekayaan US$5,7 miliar. Harta Anthoni bertambah dibandingkan jumlah kekayaan tahun lalu sebanyak US$5,4 miliar.

“Grup Salim mengantongi US$1 miliar dari private equity di akhir 2015 untuk ekspansi. Grup tersebut juga aktif mengakuisisi tambang batubara di New South Wales, membeli saham ritel kedai kopi Korea Selatan Caffebene, dan baru saja membuka pabrik mie instan di Serbia,” kata Reuters.

Berikut adalah daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes untuk dua tahun berturut-turut:

1. Budi dan Michael Hartono US$17,1 miliar

2. Susilo Wonowidjojo U$7,1 miliar

3. Anthoni Salim U$5,7 miliar

4. Eka Tjipta Widjaja U$5,6 miliar

5. Sri Prakash Lohia U$5 miliar

6. Chairul Tanjung U$4,9 miliar

7. Boenjamin Setiawan U$3,3 miliar

8. Tahir U$3,1 miliar

9. Murdaya Poo U$2,1 miliar

10. Mochtar Riady U$1,9 miliar

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts