Facebook Twitter RSS
banner

Jangan Asal Ganti Velg, Perhatikan Hal Hal berikut Agar Aman !







Minggu lalu saya dan keluarga jalan-jalan ke mall, sekalian anter ibu negara belanja persiapan perang di dapur :D.
pas sampe parkiran, lalu saya tengok lah mobil saya ini yg masih standar apa adanya. Hmm tiba-tiba terbesut ingin ganti velg biar gantengan sedikit mobil saya. nah mulai lah otak ngebayang2in velg apa aja yg kira kira cocok buat si erti baru saya. mulai dr model Te37, ATAU rpf1, atau oem2an mobil lain, eh tapi tunggu dulu, ganti velg gaboleh asal gan kalo asal bisa malapetaka akibatnya, apalagi velg itu perannya vital dalam menunjang mobil melaju. Nah saya kasih tips nih dalam mengganti velg mobil2 agan semua.. CEKIDOOOTTT



1. Perhatikan Ukuran PCD






Mobil memiliki macam2 ukuran pcd, agan tau gk pcd apa??? Saya jelasin ya kali aja ada yg blm tau hehe. PCD itu singkatan dari Pitch Circle Diameter, jadi pcd tuh ukuran jarak dari titik tengah roda, kearah baut roda tersebut. Sebagai contoh ertiga saya, PCD saya 5x114, jadi jarak dari poros candar tengah ke baut roda 114mili meter gan. Nah jangan sampe agan salah pilih velg gan. Oiya, ada juga velg dengan pcd 5x100, jangan sampai tertukar gan, dan jangan dipaksakan velg dgn pcd 5x100 kedalam mobil dengan pcd 5x114, bahaya gan bisa2 terjadi kerusakan fatal bahkan patah saat dijalan. Selain itu, sedih jg kan gan kalo sampe salah beli hahaha…


2. Perhatikan bobot Velg




Velg dengan diameter yang lebih besar dari standar biasanya akan memiliki bobot yang lebih berat dari velg standar. Karena ukuran lebih besar otomatis lebih berat. Namun perhatikan juga, velg aftermarket dengan ukuran yg sama memiliki bobot yang berbeda2, biasanya velg yang harganya selangit dengan ukuran besar bisa jauh lebih ringan dan kuat dibandingkan dengan velg lebih kecil dan murah. Bobot Velg akan mempengaruhi performance mobil anda, dan juga umur dari kaki2 mobil anda, karena artinya anda memberikan beban lebih, sehingga kaki2 bekerja lebih keras.


3.Ukuran Velg





Mengganti Velg dan ban dengan ukurang yang lebih besar, mampu membuat tampilan mobil menjadi lebih enak dipandang. Namun tentu ada hal yg perlu anda perhatikan, ukuran maksimal pertambahan velg anda dari standar yg aman adalah 2 inci. Lho kenapa? Karena velg dan ban anda butuh ruang untuk bergerak, terutama nanti saat roda melewati jalan yang tidak rata. Yg bahaya jika sampai roda menabrak dinding dalam dan shockbreaker, atau fender , selain tidak nyaman, pasti menyebabkan kerusakan.
Dan juga kalau anda ganti velg terlalu besar, selain gaenak atau gak nyaman mobilnya, mobil konsumsi bahan bakarnya bakalan jadi jauuh lebih boros. Hihh ogah.




Yaaaa itu aja tips singkat dari saya gan, Kalo mobil mau keren memang harus mengorbankan beberapa hal, tapi yang penting tidak mengesampingkan aspek keselamatan gan! Bikin pasar modifikasi di Indonesia tetap jaya gan :keren:!!

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts