Facebook Twitter RSS
banner

Menarik! Bridgestone Ingin Siapkan Ban untuk Wuling Air EV




Kendaraan listrik berbasis baterai berukuran kecil seperti Wuling Air EV saat ini mengalami kemajuan yang baik di Indonesia. Bahkan Air EV melaporkan penjualan 10.031 unit dalam satu tahun. Jumlah ini dihitung dari Agustus 2022 hingga Agustus 2023.

PT Bridgestone Tire Indonesia saat ini hanya menjual komponen ban dengan ukuran diameter 15-20 inci, jadi perusahaan akan membuat ban yang mampu mendukung mobil Wuling Air EV tersebut.

Saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, Mukiat Sutikno, Presiden Direktur PT Bridgestone Indonesia, menyatakan, "Terus terang memang ban kita itu ekspor ke luar negeri dan secara ukuran sesuai dengan kendaraan seperti Air EV (berukuran 12 inci)."

Oleh karena itu, bahkan akan mulai memasarkan produk tersebut di Indonesia mulai bulan ini. Dia menambahkan, "Kalau tidak salah serinya Ecopia, tetapi belum berteknologi Enliten."

Menurutnya, perusahaan akan menjualnya dengan harga yang kompetitif ketika dipasarkan di dalam negeri. "Harganya bersaing lah. Basically, sekarang kan sudah ada kompetitor yang jual. Tapi kita pastikan akan bersaing harganya," katanya.

Wuling Air ev memiliki dimensi yang sederhana: panjangnya 2.974 mm, lebarnya 1.505 mm, dan tingginya 1.631 mm. Dengan ground clearance 115 mm, mobil ini menggunakan jenis transmisi otomatis dengan motor listrik penggerak roda belakang bertenaga 30 kW atau 40,7 dk.

Pengoperasian transmisinya dengan Rotary Gear Selector dan knop putar yang dihiasi dengan ring chrome menambah tampilannya yang menarik. Selain itu, di bagian tengah kendaraan ini terdapat tombol untuk mengoperasikan jendela elektrik, rem parkir elektrik, dan pengendali kendaraan pribadi.

Wuling Air ev mengusung baterai lithium iron phosphate (LFP) yang mampu bertahan dengan jarak tempuh 200 hingga 300 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Selain itu, mobil listrik ini dilengkapi dengan sistem EPS (electric power steering), yang membuat setirnya mudah dioperasikan. Setir mobil Wuling Air ev memiliki desain sederhana dan memiliki tombol multifungsi yang dapat mengontrol menu dan sistem audio.

Wuling Air EV memiliki empat ban berukuran 145/70 dan velg berdiameter 12 inci, dengan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang Multi-Link. Motornya memiliki torsi maksimum 110 Nm dengan tenaga 40 HP/30 kW.

Pengereman Long Range menggunakan rem cakram di roda depan dan belakang, sementara pengereman Standard Range hanya menggunakan rem cakram di bagian depan, dan rem drum di bagian belakangnya tetap ada.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts