Facebook Twitter RSS
banner

Apa Aja yang Biasanya Dibawa saat Touring?

Pasti banyak di antara kita yang suka touring deh! buat yang udah sering touring, mungkin udah tau apa aja yang perlu dibawa. Tapi kalau belum pernah touring dan pengen buat nyoba touring, mungkin masih bingung dan ragu buat bawa barang apa aja. Karena, ketika touring, beban bawaan bakal mempengaruhi ke motor yang akan kita kendarai. Semakin ringan barang bawaan, semakin ringan motor yang kita gunakan. Ngomongin barang yang biasa dibawa saat touring, beberapa hal ini yang biasanya dibawa saat touring!


1. Peralatan camping
Kalau memang niatnya touring dan untuk beristirahat memilih buat camping, pastinya butuh peralatan camping. Jadi, pastikan kalian bawa tenda & matrasnya. Jangan lupa juga bawa sleeping bag kalau ada rencana untuk camping di sekitar dataran tinggi. Gak keren kan kalau sampe kedinginan dan sakit saat touring karena cuaca ini.

2. Peralatan memasak
Nesting dan kompor kecil juga penting buat dibawa saat touring. Saat camping, kita bisa memanfaatkan waktu untuk memasak untuk kebutuhan makan sendiri. Kita gak akan pernah tau apakah tempat yang kita jadikan tempat camping masih ada yang menjual makanan yang kita butuhkan?

3. Tools kit
Buat jaga-jaga dan mempermudah kita selama perjalanan touring motor, ini salah satu hal wajib dibawa saat touring. Setidaknya kalau ada kerusakan minor seperti baut-baut motor yang longgar atau mengganti beberapa part minor di motor, kita masih bisa melakukannya sendiri tanpa harus ke bengkel motor.

4. Obat-obatan & P3K
Jangan sampe ketinggalan. Biasanya obat-obatan & kotak P3K hanya memakan sedikit tempat, jadi janangan sampai ketinggalan. Kita gak akakn pernah tau apakah kita akan mengalami sakit saat touring. Gak ada yang mau sakit, tapi buat berjaga-jaga juga perlu kan.

5. Oli motor
Oli juga perlu di bawa ketike kita sudah melakukan perjalanan jauh. Misal untuk touring jawa-bali, usahakan ketika sampai di tujuan untuk mengganti oli karena jarak tempuh yang sudah cukup jauh. Untuk oli sendiri, ini cukup penting untuk dibawa karena di tempat tujuan kita belum tentu mendapat oli yang sesuai dengan oli motor kita. Untuk oli motor sendiri, karena menggunakan motor matic, biasanya saya pakai Eni Oil i-Ride 4T Matic ini oli yang bisa melapisi seluruh komponen mesin dengan baik serta dibuat dari base oil pilihan dengan additive khusus supaya bisa mengefesiensikan bahan bakar motor dan yang pasti sih bikin tarikan motor lebih enteng.

6. Jaket, sepatu, helm.
Safety riding first! Ini penting banget. Jangan sampe nggak. karena akan sangat bahaya kalau kita mau touring tapi gak safety riding. Helm buat melindungi kepala. Jaket buat melindungi tubuh dari hantaman angin di jalan. Sepatu pastinya untuk menghindari hal yang tidak di inginkan seperti kecelakaan. Kalau kita menggunakan sepatu, minimal kaki kita terlindungi dan jika jatuh kulit gak akan menyentuh aspal ataupun tanah secara langsung.

7. Jas hujan
Cuaca yang tadinya panas bisa langsung berubah jadi hujan deras. Ya, siapa yang tau kan? Jadi, jangan lupa bawa jas hujan. Jadi ketika hujan rintik kita tetap bisa melanjutkan perjalanan. Tapi kalau hujan deras, sebaiknya memang perlu meneduh lebih dulu. Karena saat dan setelah hujan biasanya jalan akan terasa lebih licin.

Well, 7 hal di atas cukup penting untuk dibawa saat touring! Kalian bawa apa aja ketika touring? Coba share barang bawaan kalian di komentar ya!

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts