Facebook Twitter RSS
banner

Apa yang Bikin Kita Harus Rutin Ganti Oli?

Ganti oli udah menjadi kewajiban rutin buat semua orang yang memiliki kendaraan, baik motor ataupun mobil. Setiap kendaraan mencapai jarak sekian KM atau jangka waktu tertentu, oli wajib diganti. Emang kenapa sih kendaraan harus rutin ganti oli?



Yang pertama, karena oli akan menjaga pelumasan dalam mesin. Selama mesin bekerja, mesin butuh oli untuk pelumasan. Semakin baik pelumasan, semakin baik juga kerja mesin kendaraan. Tapi, oli ini memiliki masa pakai. Makanya, setiap sekian KM atau jangka waktu tertentu wajib ganti oli tepat waktu atau sesaat sebelum deadline ( kaya tugas aja ye :D). Soalnya, masa pakai oli udah berlalu dan kualitasnya pasti udah gak baik untuk mesin.

Oli yang udah melewati masa pakai bisa merusak mesin dan menimbulkan banyak gangguan yang bikin gak nyaman selama berkendara. Misalnya overheating atau mesin kepanasan, komponen-komponen mudah aus, hingga boros BBM. Gejala-gejala kurang rutin mengganti oli biasanya bisa kerasa dari suara mesin yang kasar dan kendaraan kurang nyaman saat diajak ngegas atau melakukan manuver-manuver tertentu. Ujung-ujungnya, kerusakan itu bisa menjalar ke komponen lain dan bisa menimbulkan bahaya saat berkendara. Terus, kalo suatu saat dijual, harga jualnya pasti rendah karena kualitas mesin yang gak baik.

Oli yang baik akan menjaga performa mesin tetap optimal, pelumasan oke, dan tidak mudah panas. Tapi, selain harus rutin ganti oli, tentu saja olinya harus sesuai spesifikasi kendaraan. Beda kendaraan, beda juga kebutuhan olinya. Misalnya, ane pake motor matic, maka ane pilih oli khusus motor matic Eni Oil i-Ride 4T Matic. FYI, Eni Oil ini tuh dulu namanya Agip. Kualitasnya udah kerasa, bisa melapisi seluruh komponen dengan baik dan mengefisienkan bahan bakar karena dibuat dari base oil pilihan dengan additive khusus. Makanya, mesin motor ane kerasa segar bugar dan tarikannya enteng.

Kalo olinya berkualitas dan performa mesin terjaga, maka kualitas mesin pun jadi lebih awet. Ini berpengaruh pada kenyamanan berkendara jangka panjang dan kenyaman dompet juga (iya dong, jadi lebih hemat, soalnya jarang jajan spare parts :p). Nah, udah semakin ngerti kan kenapa kita harus rutin ganti oli? Ada yang mau ditambahin? Tambahin di komen aja, ya bro!

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts