Facebook Twitter RSS
banner

Mesin Motor Terasa Kasar? Mungkin Ini Penyebabnya!

Siapa sih yang gak pengen tarikan mesin motornya enteng dan terasa halus? Tapi gak jarang kita gak bisa merawat mesin motor. Karena gak bisa merawat, ada beberapa hal yang bikin mesin motor bakal terasa kasar dan belum tentu semua orang tau penyebabnya!



Jadi, apa sih yang bikin mesin motor terasa kasar? Mungkin, ini penyebabnya!

Gak rutin service motor

Karena motor pun butuh di rawat, salah satu cara untuk merawatnya ya dengan di service. Service motor secara berkala ini dilakukan untuk dapat mendeteksi berbagai gangguan yang terjadi pada mesin motor agan secara dini sebelum terjadi kerusakan yang lebih besar. Gak cuma itu, fungsi dari servis berkala ini adalah pembersihan untuk mesin motor matic agan. Saat agan sedang melakukan servis berkala, ada juga mengecek beberapa komponen pada mesin motor yang harus diganti secara berkala, seperti roller atau ventbelt, busi, oli, dan lain sebagainya. Kalo gak service secara rutin, ya gimana gak berasa kasar tuh mesinnya?! Hehehe

Kualitas bahan bakar kurang bagus

Tahukah gak kalau bahwa bahan bakar untuk motor yang agan gunakan sehari-hari punya pengaruh terhadap performa mesin motor? Ya! Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai standar motor yang kita beli dapat berpengaruh pada mesin motor menjadi lebih kasar. Maka dari itu, kita gaboleh memakai memakai bahan bakar yang dibawah standar tersebut. Sekedar saran untuk solusi buat kita (terutama yang mempunyai motor baru) usahakan memakai bahan bakar dengan oktan yang tinggi.

Tidak rutin mengganti oli

Merawat motor matic, gamungkin bisa lepas dari oli/pelumas untuk si motor itu sendiri. Untuk mesin motor matic sendiri memiliki dua oli, oli mesin dan gadran. Dua-duanya memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda, oli mesin sebagai pelapis dan pendingin mesin, sedangkan oli gadran untuk menjaga kinerja transmisi. Biasanya ada waktu tertentu untuk tahu kapan waktu yang pas untuk mengganti oli motor matic agan. Pada umumnya, waktu yang disarankan adalah saat jarak tempuh motor sudah mencapai 30.000 km atau kurang lebih 1,5 hingga 2 bulan pemakaian. Tapi, hal itu juga harus disesuaikan dengan pemakaian agan untuk aktivitas sehari-harinya. Pemilihan oli juga harus cermat dan sesuai agar tarikan motor tetap enteng saat agan gunakan. Kalo ane sih biasanya pake Eni Oil i-Ride 4T Matic (dulunya sih bernama Agip), karena punya pengaruh yang signifikan. Mesin motor ane jadi gak cepet panas di segala cuaca dan tarikan juga tetap enteng.

Nah itu tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan mesin motor terasa kasar. Pada dasarnya itu semua emang tergantung dari pengunaan si pemiliknya. Kalau gak mau mesin motor terasa kasar, kalian bisa melakukan hal diatas!

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

Popular Posts